Jumat, 10 Januari 2014

Chinese Fan Dance

Tradisi dan keterampilan dari tarian indah yang satu ini sudah menjadi ciri khas tarian China yang telah membuat orang-orang terpana selama 2000 tahun. Walaupun tarian ini merupakan tarian yang kuno, fan dance selalu menunjukkan keindahan dari cerita dan kebudayaan China.


Chinese Fan Dance sering ditampilkan padasetiap ajang perayaan dari kebudayaan China. Tarian ini menyorotkan banyak keindahan, kelembutan, kegembiraan yang ditarikan dengan penuh penghayatan. Tarian Fan Dance menyesuaikan setiap pergerakannya dengan ritme lagu iringannya. Fan Dance atau Tari Kipas ini sudah berakar sejak zaman Dinasti Han (206 SM).

Sejarah

Saat para arkeolog menemukan beberapa puisi China zaman dahulu, disana ditemukan data bahwa tarian Fan Dance sudah ada sejak tahun 4000 SM sampai 2000 SM, saat Dinasti Han. Tarian ini juga muncul saat Dinasti Han mencoba untuk mengumpulkan dan mempertahankan tarian tradisional China. Untungnya, hal ini menjadi sesuatu yang penting sehingga tarian yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi masih dapat dikenal hingga sekarang.

Klasifikasinya

Tarian China dikelompokkan berdasarkan tarian rakyat atau militer dan berdasarkan pergerakan dari tarian itu, tarian China dapat dikelompokkan. Untuk tarian kipas China, tarian ini dikelompokkan ke dalam kategori tarian yang gemulai, teliti, lembut dan indah. Tarian ini berasal dari tarian-tarian dulu yang dilakukan saat orang-orang menjual ikan dan hasil berburu, mereka akan mengipaskan slogannya untuk mencari perhatian. Pergerakan ini mulai berevolusi menjadi latihan untuk militer.

Mengenai Tarian, Kostum, dan Kipasnya

Seperti halnya tarian tradisional lainnya, tarian Fan Dance ditarikan berdasarkan cerita-cerita China kuno, namun penyampaian ceritanya hanya dengan tarian tapi dikomunikasikan dengan penuh perasaan dan emosi. Teknik menyampaikan cerita-cerita tersebut sangat penting agar penonton dapat mengerti apa ceritanya tersebut karena tarian sudah ada lebih dulu sebelum tulisan. Tarian kipas meliputi simbolisme, semantik, kata-kata dan struktur yang spesifik untuk menunjukan intensi dari penari untuk berkomunikasi. Koreografi dari tarian Fan Dance tidak hanya ditunjukkan dengan kelembutan dan kecantikan, tetapi juga ditunjukkan dalam latihan seperti martial arts. Untuk tarian yang menunjukkan kelembutan dan kecantikan (biasanya ditarikan oleh wanita), seringkali terlihat koreografi yang seperti berikut:

Kipas-kipasnya dibentuk seperti lingkaran kelopak bunga

Kipas-kipasnya digerakkan secara bergelombang

Posisi kipas bebas sesuai cerita yang ingin disampaikan

Tari kipas dapat dilakukan oleh orang dalam jumlah banyak


Sedangkan untuk tarian yang menunjukkan ketegasan dan kekuatan, kostum dan cara menarinya berbeda:

Tarian dilakukan dengan gerakan-gerakan seperti martial arts atau pencak silat, tarian yang seperti ini umumnya dilakukan dalam latihan militer

Tarian ini dilakukan dalam jumlah besar, fungsinya juga untuk melatih kebugaran

Kostum

Bervariasinya warna dari kostum yang digunakan juga sangat mendukung keindahan dari tarian kipas ini. Setiap kostum menyesuaikan cerita yang akan disampaikan, terkadang kostum dibuatkan sama setiap penarinya, seperti pada video diatas. Kostum harus berwarna menarik, mencolok, namun harus sesuai dengan apa yang akan diceritakan/ disampaikan.

Ingin menari indah seperti mereka?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar