Minggu, 12 Januari 2014

"The Heavenly Lake" Namtso

Anda mungkin sudah bosan melihat setiap post saya pasti ada kata-kata "danau"-nya (hahahaah). Namun, kali ini, kenampakan alam berikut ini akan membuat Anda ingin terbang ke sana.

Tadaaa~ ini dia Danau Namtso

Beberapa pengunjung sedang berjalan di jalan setapak disebelah-sebelahi Danu Namtso yang jernih

Keindahan "Negara Tirai Bambu" ini juga dilengkapi oleh sebuah danau yang pemandangannya sangat indah, Namtso Lake. Namtso Lake atau Danau Namtso termasuk salah satu danau dari 5 danau terindah di China menurut majalah National Geography China dan menempati posisi kedua danau air laut terbesar setelah Danau Qinghai (luasnya mencapai 2 kali luas Danau Namtso) se-China. Spesifikasi letaknya adalah di Damxung/ Baingoin/ Lhasa, Tibet, China. Di Tibet, danau ini merupakan danau terbesar, luas permukaan airnya sekitar 1,920 km2. Besar sekali, bukan? Jika Anda ingin menjelajahinya dengan speed boat, mungkin Anda akan menempuh 5 hari  '_'

Letak Geografis

Foto Danau Namtso diambil dari satelit

Danau Namtso terbentuk pada zaman Paleogen dari hasil pergerakan lapisan bumi tektonik Himalaya. Danau ini terletak di ketinggian 4,718 meter pada daratan Tibet. Pada Danau Namtso terdapat 5 pulau yang tidak terhuni. Awalnya pulau-pulau tersebut didatangi peziarah untuk retret spiritual, itupun saat danau tersebut airnya membeku pada akhir musim dingin. Untungnya, mereka membawa makanan karena saat musim panas nanti, airnya kembali mencair dan mereka tidak dapat kembali karena mereka pergi ke pulau-pulau tersebut tanpa perahu, jadi mereka harus menunggu musim dingin berikutnya.

Mengenai Lokasinya

Yang membuat para pengunjung ingin mengunjungi danau ini adalah pemandangan yang begitu indah seperti apa yang kita impikan. Air yang menggenang pada danau tersebut sangat jernih dan memantulkan warna biru turquoise yang enak dipandang. Suasana danau semakin menakjubkan dengan langit yang begitu cerah kebiruan. Siapapun yang datang ke tempat itu akan merasakan jiwanya dibersihkan oleh jernihnya air danau itu. Danau Namtso memperoleh air yang jernih itu dari hujan dan lelehan es dari gunung yang tinggi.

Danau Namtso dengan perahu kecil. Terlihat refleksi dari gunung tersebut tergambar jelas di permukaan airnya

Musim panas adalah waktu terbaik untuk kita berpariwisata ke Danau Namtso. Pada musim ini akan banyak ditemukan bermacam binatang seperti yak liar, kelinci liar dan hewan lainnya yang akan mencari makan serta banyak burung yang akan berterbangan untuk bertelur dan memberi makan anak-anaknya, terkadang terdapat ikan yang dapat melompat ke permukaan danau, ada juga sapi dan domba di padang rumput terlihat dari kejauhan sedang makan rumput :) Kehidupan di sekitar Danau Namtso inilah yang membuat para penduduk Tibet merasa mendapat berkat dari alam dan menjadikan danau ini sebagai simbol kebaikan dan kebahagiaan. :D

Penduduk Tibet yang memakai pakaian tradisionalnya

Banyak penduduk Tibet yang mendatangi danau ini untuk berdoa

Yak yang dipakaikan kostum ala penduduk Tibet

Yak di pinggiran danau

(Maaf satu lagi karna yaknya terlalu lucu) Yak di jalan setapak diantara air danaunya

(Satu lagi deh...) HAI ~

Tradisi dan Kepercayaan

Selain pemandangan yang indah, tempat ini juga merupakan tempat suci para Buddha yang terkenal. Disana terdapat sebuah kuil bernama Kuil Zhaxi. Setiap tahun domba Tibet, para Buddha akan mendatangi lokasi ini untuk pemujaan. Mereka akan mengelilingi danau ini searah jarum jam dengan kepercayaan akan mendapat berkat dari para dewa.


Seorang pendeta Buddha sedang bersemedi di bebatuan pinggir Danau Namtso
Penduduk Tibet dalam perjalanan menuju Danau Namtso untuk melakukan ritualnya
Kain-kain mereka yang digantung pada banyak tali yang diikatkan pada sebilah tiang yang ditancapkan pada bukit-bukit di sekitar danau sebagai wujud doa mereka pada para dewa
Kain-kainnya indah berwarna-warni, dari pakaian mereka
Tengkorak dari yak juga dijadikan salah satu bahan persembahan para dewa
Suatu arca di sekitar danau tersebut sebagai lambang bahwa tempat tersebut adalah tempat suci bagi para Buddha
-----------------------------------------------------------------
Tips untuk siapa yang akan melambung ke sana (hehee....) : 
Disana tidak ada bis, tapi dapat mencari taxi atau mini bus dari Lhasa. Tinggi permukaan air laut disana 1100 meter lebih tinggai dari Lhasa, jadi diharapkan membawa banyak air minum dan jangan memaksakan diri untuk berjalan sendiri :)

Untuk biayanya: 1 Mei - 31 Oktober => CNY 120
                     1 Nov - 30 April => CNY 60

Havun! Jangan lupa bawa baju hangat~ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar